cover
Contact Name
I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika
Contact Email
jayantika@mahadewa.ac.id
Phone
+6285739639728
Journal Mail Official
jayantika@mahadewa.ac.id
Editorial Address
https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/about/editorialTeam
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
ISSN : 23022124     EISSN : 26228688     DOI : -
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from the results of research, theoretical studies and application of theory with studies of mathematics, science and environmental education issues. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika contains research papers in the fields of mathematics and science education. The scope of this journal study is as follows: Mathematics education Biology education Living environment Assement in Science and Mathematics Education Evaluation in Science and Mathematics Education
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018" : 12 Documents clear
Logam Berat Timbal (Pb) dan Efeknya pada Sistem Reproduksi Kadek Yuniari Suryatini; I Gusti Ayu Rai
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5281/zenodo.1403892

Abstract

Lead is one of heavy metals that is highly toxic and widely known by the public. Lead causes the most poisoning of living things but is widely used in producing industrial products. The toxic effect of lead on the reproductive system causes a disruption of the spermatogenesis process thus affecting the quality of semen in the number, morphology, motility, and abnormal forms of spermatozoa. Heavy metal lead also has toxic effects on gametes and causes chromosomal defects. Lead exposure in women causes menstrual disorders, greater risk of miscarriage, fetal abnormalities, infant mortality, and premature delivery. Lead also causes infertility in men and women.
Memicu Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Blended Learning Berbantuan Komik Digital I Nengah Suka Widana; N.Putri Sumaryani; Ni Luh Wayan Ayuning Pradnyawati
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.657 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.1407735

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model blended learning berbantuan komik digital terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi, maka dilakukan penelitian quasi experiment, non equivalen posstest-only control group design. Populasi berupa semua peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Mengwi, terdiri atas 8 kelas. Sampel ditetapkan dengan teknik multistage random sampling, terpilih dua kelas sampel, yaitu kelas X MIPA 6 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 7 sebagai kontrol. Jenis data kuantitatif berupa skor kemampuan berpikir kritis, dengan angket dan data hasil belajar, menggunakan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan t-test dan MANOVA berbantuan SPSS 15.0 for Windows. Hasil uji hipotesis diperoleh: 1) terdapat pengaruh signifikan model blended learning berbantuan komik digital terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar, dan 2) terdapat pengaruh secara simultan model blended learning berbantuan komik digital terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Simpulan penelitian adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi dapat dipicu melalui penerapan model blended learning berbantuan komik digital.
Pemanfaatan Lapangan Rumput sebagai Sumber Belajar pada Materi Plantae Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 1 Abiansemal Tahun Pelajaran 2015/2016 I Made Subrata; Ni Made Ayu Wulan Sri Wijayanti
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.074 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.1403894

Abstract

Komponen penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan yaitu dengan merubah cara pembelajaran (memilih metode pembelajaran yang tepat), salah satunya adalah memanfaatkan lapangan rumput sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lapangan rumput sebagai sumber belajar pada materi Plantae. Jenis penelitian tergolong penelitian eksperimen semu (quasi experiment) Posttes-Only Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Abiansemal tahun Pelajaran 2015/2016, sebanyak 347 orang. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil menggunakan teknik random sampling terhadap kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar biologi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik parametrik dengan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan lapangan rumput sebagai sumber belajar pada materi Plantae.
Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Berbantuan Media Kebun Penduduk Sekitar Sekolah Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Biologi Ni Putu Widiasih; Ni Nyoman Parmithi; A.A.Istri Mirah Dharmadewi
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.471 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.1407729

Abstract

This study aims to determine the effect of approach of nature roaming around assisted the inhabitant garden the around of the school media against of active and biology learning outcomes of students tenth grade of mathematics and science SMAN 1 Abiansemal. This study is quasi experiment. Design using are nonequivalent control grub design. The population were student tenth grade of mathematics and science SMAN 1 Abiansemal. The sample consisting of two class, the experiment group (X MIA 4) and control group (X MIA 3) chosen with simple random sampling technique. Data obtained is quantitative data in the from of value of active obtained by inquiry method and biology learning outcomes obtained by essay test then analyzed using the statistical method of t-test and MANOVA with SPSS 23.0 for windows. Based on the analysis obtained: (1) The are a significant effect of approach of nature roaming around assisted the inhabitant garden the around of the school media against of active of student, (2) The are a significant effect of approach of nature roaming around assisted the inhabitant garden the around of the school media against of biology learning outcomes of student, (3) The are a significant effect of approach of nature roaming around assisted the inhabitant garden the around of the school media against of active and biology learning outcomes of student simultaneous it can be concluded there are effect of approach of nature roaming around assisted the inhabitant garden the around of the school media against of active and biology learning outcomes of student tenth grade of mathematics and science SMAN 1 Abiansemal.
Pengaruh Penerapan Strategi Apersepsi Scene Setting terhadap Pemahaman Konsep Matematika dengan Mengontrol Motivasi Berprestasi Ni Wayan Sunita; Emilia Octavia Nardus
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.012 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.1407731

Abstract

Strategi pembelajaran apersepsi scene setting merupakan strategi pembelajaran dimana terjadinya aktivitas guru dan peserta didik untuk membangun konsep awal pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika antara peserta didik yang mengikuti strategi pembelajaran apersepsi scene setting dengan peserta didik yang mengikuti strategi pembelajaran konvensional setelah mengontrol motivasi berprestasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Sunari Loka Kuta Tahun 2014/2015. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas VII dan sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VII D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII C sebagai kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain The Posttest-Only Control Group Design. Data penelitian ini dikumpulkan dengan tes dan angket. Tes uraian untuk data pemahaman konsep matematika dan angket untuk motivasi berprestasi. Hipotesis diuji menggunakan analisis kovarians (Anakova) satu jalur. Hasil uji menunjukkan bahwa setelah mengontrol variabel motivasi berprestasi, ada perbedaan pemahaman konsep matematika antara penerapan strategi pembelajaran apersepsi scene setting dengan strategi pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi apersepsi scene setting terhadap pemahaman konsep matematika dengan mengontrol motivasi berprestasi.
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMKN 4 Denpasar I Ketut Putra Ardana
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.956 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.1407739

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mtematika siswa kelas XI Tata Boga 1 pada materi barisan dan deret tak hingga, melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Denpasar dengan subjek penelitian siswa kelas XI Tata Boga 1 sebanyak 39 orang. Data penelitian berupa prestasi belajar siswa, dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar dari prasiklus ke siklus I dilihat dari aspek pengetahuan nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 47,95%, aspek keterampilan nilai rata-rata mengalami peningkatan 6,74%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II berdasarkan aspek pengetahuan nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 42,95%, aspek keterampilan nilai rata-rata, mengalami peningkatan sebesar 11,67%. Jadi melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMK Negeri 4 Denpasar kelas XI Tata Boga 1 pada materi barisan dan deret tak hingga tahun pelajaran 2016/2017.
Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran RME (Realistic Mathematic Education) dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa I Wayan Sumandya
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.21 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.1407741

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional, berdasarkan gaya berpikirnya. Jenis penelitian adalah eksperimen semu, dengan populasi berupa seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mengwi. Data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk esay, sedangkan data gaya berpikir diperoleh dengan instrument angket gaya berpikir. Data dianalisis menggunakan analisis varian dua jalur. Temuan penelitian adalah: 1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara Siswa yang diajar dengan pendekatan RME dengan pembelajaran konvensional. 2) Untuk siswa yang memiliki gaya berpikir divergen, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional. 3) Untuk siswa yang memiliki gaya berpikir konvergen, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran RME dengan pembelajaran konvensional. 4) Temuan penelitian kedua dan ketiga mengindikasikan adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gaya berpikir siswa. Simpulan penelitian bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran RME dan gaya berpikir terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mengwi Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Gaya Berpikir Siswa SMP Negeri 2 Mengwi Ni Luh Gede Yuliani; I Wayan Widana
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.204 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.1407743

Abstract

As for the purpose of this research is to know the difference of the results learn math between the students who join learning model scaffolding assisted multimedia interactive with students who join conventional after learning model controlled style think. Research is both his experiments ( experiment quasi research the real conditions ) and used design non equivalen control only group design . Population in this research is a whole class viii public junior high schools 2 mengwi as many as 10 classes which consisted of 367 people with involving samples from 2 72 class students taken with using a technique random sampling. Research instruments used for collecting data is the test results learning and instrument of chief style think. The data collected were analyzed using statistic descriptive and inferential. The testing of hypotheses use t-test and analysis kovarian ( anakova ). The results of the analysis to the first hypothesis, there is a difference model of learning and interactive multimedia-assisted scaffolding model results against the conventional learning learning math students. The results of the analysis to the second hypothesis by anakova showed no difference in the results of the study of mathematics among students who follow the scaffolding learning with interactive multimedia-aided students who follow the conventional learning model After controlled style of thinking. The results of these studies provide indications that the scaffolding Learning Model-assisted Interactive Multimedia can enhance the results of learning math with or without control of the thinking styles of the students.
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (223.627 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.1407745

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Taggart di SMP N 1, dengan subyek penelitian berjumlah 24 orang siswa kelas VIII B semester II tahun pelajaran 2015/2016. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media konkret. Penelitian dilakukan dalam dua siklus melalui tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpul data berupa tes hasil belajar, data hasil belajar selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskritif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I dan pada siklus II menjadi 87,50% dengan rata-rata sebesar 71,88. Simpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media konkret mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B semester II tahun pelajaran 2015/2016 SMP N 1 Dawan.
Pengaruh Bentuk Tes Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kecemasan I Made Surat; I Putu Darmayoga
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 7 No. 1 (2018): Maret 2018
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (126.446 KB) | DOI: 10.5281/zenodo.1407747

Abstract

The purpose of this research is as follows: 1) To find out whether there are differences of mathematics learning outcomes between students who are given a form of description test with students who are given multiple choice form tests on students of class X MIA SMA PGRI 6 Denpasar, 2) To know after held the control of anxiety variables, whether there are differences in mathematics learning outcomes between learners who are given a test form description with learners who are given multiple choice form tests on students X class MIPA SMA PGRI 6 Denpasar. This research type Quasi Experiment with design Non-Equivalent Control Group Design. The samples in this study were Class X MIA 1 and X MIA 2 consisting of 38 students each. Based on the test results hypothesis I with the help of t-test was obtained for 4,073 with a significance level of 5% was obtained for 1,993, then there are differences in learning outcomes between mathematics between students who are given the test form describing the learning outcomes of mathematics learners are given the test multiple choice form on students class X MIA SMA PGRI 6 Denpasar academic year 2017/2018. To test the hypothesis II results with one lane Anacova test obtained at 24,21, with a significance level of 5% was obtained 3,97, then after held control over the anxiety of learners, differences remain between the mathematics learning outcomes learners are given the test in narrative form with mathematics learning outcomes of learners who were given multiple choice form tests on students of class X MIA SMA PGRI 6 Denpasar academic year 2017/2018.

Page 1 of 2 | Total Record : 12